10 Tips Menjalin Perdamaian Di Duna Maya

0
139
views

Pemuda adalah agen perubahan bagi bangsa indonesia. Di era globalisasi saat ini khususnya, para kaum muda sudah dilahirkan dengan berbagai persepsi,atak,karakter, dan faham-faham yang mereka bawa dari kecilnya. Faham-faham itu tentunya datang dari berbagai macam, salah satunya adalah keluarga dan lingkungan sosial.

Mendekati hari lahirnya Sumpah Pemuda, sangat disarankan bagi kaum muda-mudi Indonesia khususnya NTB  menunjukkan eksistensi kepedulian terhadap daerah masing-masing tentunya tehadap Bangsa Indonesia kita tercinta ini.

Generasi muda adalah sebagai salah satu tolak ukur atas keberhasilan suatu negara, yang mana negara yang berkembang ataupun negara maju dilihat dari begaimana kekreatifan, keaktifan serta kearifan generasi mudanya di segala arah perkembanan globalisasi.

Selain itu, dewasa ni generasi muda sedang digoyahkan dengan konten-konten negatif yang bersumber dari dunia maya. Ada beberapa peristiwa yang memang tidak seharusnya di share di dunia maya karena itu akan lari pada pemikiran-pemikiran negatif tentang sesama. Contohnya saja video-video yang mengandung kekerasan, baik itu kekerasan fisik ataupun psikis. Ini selalu menjadi perbincangan hangat dikalangan penggiat dunia maya itu sendiri. Nah, kali ini penulis akan membagikan 10 tips untuk Menjaga Perdamaian di Dunia Maya, adapun itu mari kita simak bersama-sama

Tidak Memandang Kejadian Atau Peristiwa Dari Satu Sisi

Kalimat di atas mungkin tidak asing lagi bagi kita semua, terlebih lagi bagi para readers yang tersebar luas di dunia maya. untuk menjaga perdamaian atau menciptakan kedamaian di dunia maya khususnya sebaknya dilakukan hal di atas. Ketika kita melihat beberapa konten-konten yang bersifat negatif atau positif di dunia maya, kita baiknya melihat dari berbagai sisi dengan kaca mata kehidupan kita, agar kita tidak salah mempersepsikan hal-hal yang kita lihat tersebut. Kalimat di atas juga menuntun kita untuk mengartikannya dengan kata seimbang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indoseia kata seimbang memiliki arti imbang, yang mana maknanya adalah tidak menitik beratkan atau memihak pada satu sisi atau pendapat-pendapa tertentu sebelum jelas sumbernya.

Jangan Share Berita Hoax

Menurut sumber yang di wawancara. Herma Suhaini selaku komunitas Blogger Lombok mengatakan bahwa untuk menjalin perdamaian di dunia maya jangan sampai men-share berita hoax. Ada perbedaan berita yang bersifat Scam dan Hoax, kalau scam adalah berita yang mengandung unsur kebenaran peristiwa yang terjadi pada berita tersebut namun kadang kala sering diplintirkan (Tidak sesuai kebenaran terjadinya)) sedangkan hoax adalah memang berita yang tidak sama sekali mengandung unsur kebenaran atau mengada-ada.

Mulailah Dengan Membagikan Konten-Konten Positif.

Perdamaian di dunia maya sangat didambakan banyak kalangan penggiat dunia maya. Pada umumnya, perdamaian itu sendiri datang dari masing-masing pihak terkait yang menjadi pelaku atau pengguna dunia maya. Jadi untuk menjaga stabilitas perdamaian di dunia maya sebaiknya mulailah dengan memposting atau membagikan konten-konten positif yang bersifat informatif dan edukatif.

Menjadi Pelaku Dunia Maya Yang Inovatif

Sebagai generasi penerus bangsa, khususnya bagi yang mencintai sosial media tentunya memiliki tujuan,harapan tersendiri pada perkembangan dunia maya. untuk lebih jauh ke hal tersebut, ada perlunya juga kita menjadi kaum muda atau generasi penerus yang inovatif dalam berkarya, bertindak, dan berbagi.

Berpikir Rasional

Menjadi kaum muda yang intelek tentunya harus memiliki sudut pandang atau paradigma yang baik tentang segala hal. Adapun hal-hal tersebut jika bersifat negatif, sebaiknya jangan langsung percaya terhadap hal-hal yang belum jelas, berita yang tidak bernilai edukatif, atau paling tidak berpikirlah secara rasioanal dengan mengedepankan kebaikan bagi semua kalangan.

Menjadi Pembaca Yang Aktif

Kawan, menjadi pembaca juga harus aktif. Karena itulah salah satu hal yang akan memberikan kita pengertian mana hal yang baik dan benar, mana hal yang pantas dan tidak pantas.

Analisis Cermat

Lagi-lagi harus teliti nih. Agar apa yang kita baca tidak sekedar hanya sekilas ketika sedang kita baca. Analisis semua berita ataupun konten dengan cermat, agar tidak ada kesalah pahaman persepsi dan menjudge berita ataupun konten yang di sharing.

Jalin komunikasi dengan sesama penggiat duna maya dengan baik

Bijak

Satu kata ini sangat berarti readers. Karena dengan hal diatas akan membuat perubahan yang cukup besar pada diri kita dan orang lain.

Lets Follow A Good Account

Arti dari kata tersebut adalah bahwa mari saling mengajak untuk mengikuti, menambahkan teman atau grup yang baik dan beredukasi serta memiliki hal-hal informatif.

Berkomentar Positif Dan Mengkritik Yang Baik

Finally, we are in the last tips readers. Jika berkomentar dan mengkitik berita, foto, ataupun konten-konten yang dibagikan di sosial media, maka berkomentarlah dengan kata-kata positif dan mengkritiklah dengan baik dan bersifat motivasi agar tidak terjadi kesalahan dan diskomunikasi antar pengguna sosial media atau dunia maya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here