Duta Damai Dilantik, NTB Semakin Mantap Perangi Terorisme

1
201
views
pembukaan-pelatihan-duta-damai-BNPT-di-Mataram
pembukaan-pelatihan-duta-damai-BNPT-di-Mataram

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melatih anak muda NTB menjadi Duta Damai Dunia Maya

Banyaknya konten negatif yang menjurus ke arah terorisme dan radikalisme di dunia maya belakangan ini, membuat BNPT melalui Pusat Media Damai (PMD) membentuk “pasukan” perdamaian dunia maya di berbagai daerah untuk menjadi penyeimbang dengan menyebarkan konten positif.

Sampai saat ini sudah ada 10 daerah yang tergabung dalam Duta Damai dunia maya ini, salah satunya adalah NTB. Sebanyak 60 anak muda yang terdiri dari blogger, desainer komunikasi visual dan ahli IT ini dilatih menjadi agen penebar “virus” perdamaian di Indonesia.

pelatihan duta damai BNPT di Mataram
Antusiasme Peserta Duta Damai mataram

Dalam Sambutannya, Kepala BNPT, yang diwakili oleh kepala Biro Umum BNPT, Brigjen TNI Dadang Hendrayudha, menyampaikan bahwa dunia maya belakangan ini dipenuhi oleh konten negatif seperti provokasi, ajakan kekerasan, terorisme dan radikalisme. Oleh karena itu, peran duta damai ini dianggap begitu penting .

“Ini sebagai bentuk komitmen dan konsisten BNPT untuk mengajak seluruh komponen masyarakat, khususnya generasi muda untuk bersinergi dalam mengkampayekan perdamaian di dunia maya” tambahnya.

Kasubdit Kontra Propaganda BNPT,  Kol. Pas. Drs. Sujatmiko juga menambahkan, Duta Damai ini merupakan mitra strategis BNPT dalam memelihara perdamaian.

“tujuan dibentuknya duta damai ini adalah untuk membentuk komunitas di kalangan anak muda yang mengelola konten positif dan membangun jaringan di kalangan masyarakat untuk bisa menjaga perdamaian” imbuhnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 23 – 26 Oktober 2017 di hotel Lombok Astoria, Mataram. Selama 4 hari itu, duta damai akan dibekali dengan berbagai ilmu dan strategi untuk melawan propaganda terorisme dan radikalisme sehingga masyarakat NTB, terutama di kalangan anak muda, semakin sadar dan siap menghadapi serangan terorisme dan radikalisme di dunia maya.

1 COMMENT

  1. Keren nih kegiatannya. Jadi selama 4 hari para peserta beneran fokus membahas tentang menjadi Duta Damai Dunia Maya yaa. Harapannya, tentu saja semoga tidak berakhir di 4 hari pelaksanaan pelatihan itu saja. Tetapi tetap menghasilkan konten-konten bermanfaat di internet, dalam rangka memerangi hal-hal negatif yang kian banyak saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here